Kemitraan

Motivasi untuk menjadi entrepreneur Dimsum Kampoeng™

12512331_10206668487019837_6900650317066360972_n

Kalo dipikir-pikir kenapa sih kita harus melakukan P4 ( pergi pagi pulang petang) setiap hari demi untuk mencicil rumah yang ukurannya tidak seberapa, mencicil mobil, mencicil gadget dll dengan mengorbankan harta kita yang termahal yaitu WAKTU.

Ditambah lagi kadang para ibu yang seharusnya menghabiskan waktunya dirumah untuk mengasuh anaknya, dengan “terpaksa” harus ikut membantu suami dengan dalih “kan untuk kepentingan anak juga”. ayo bangun bunda, kebutuhan utama anak mu adalah mendapat asuhan dari tanganmu langsung dan kamu berada disampingnya, baby sitter bukan lah IBU, ibu mertua bukanlah IBU, dan ibumu bukanlah IBU bagi anakmu. Kamulah IBU sebenarnya bagi anak mu yang mana Allah telah memberikan amanah padamu untuk mengandung dan mengasuhnya.

Kalau dipikir-pikir zaman dahulu kala nenek moyang kita mereka bisa hidup bahagia dan sejahtera dengan rumah yang besar dan luas, anak anak bisa tumbuh dengan didampingi ibunya, tidak perlu melakukan P4 seperti kita, dan memiliki banyak waktu luang. Ternyata setelah kita baca dari buku-buku sejarah kebanyakan nenek moyang kita berprofesi sebagai pedagang. Dan bahkan konon nenek moyang kita adalah “pedagang dari Gujarat”.

Sebenarnya di lingkungan kita bekerja di kantoran, sudah banyak yang menyadari bahaya dari comfort zone dunia kerja tersebut, berikut kami nukilkan “kalimat sakti” para karyawan yang ingin bertransformasi menjadi entrepreneur untuk meninggalkan comfort zone tersebut.

“ gue bosen dan jenuh nih kerja pengen banget punya usaha dan gue udah enggak harus bermacet ria lagi ke kantor, menghadapi tekanan kerja, dan kejenuhan yang membara setiap hari”

Kalimat klasik dengan redaksi yang berbeda-beda yang pasti para kampoenger sering dengar hampir setiap hari di lingkungan kerja. Permasalahannya adalah ada pada keberanian untuk mencoba menjadi entrepreneur. Berapa banyak yang sering mengungkapkan kalimat sakti di atas, tetapi tidak pernah berani mencoba untuk merealisasikannya.

Dengan latarbelakang tersebut di atas, team manajemen Dimsum Kampoeng™ mengajak para kampoenger untuk bersama-sama berjuang untuk melakukan transformasi diri terjun ke dunia entrepreneur. Mari kita bersama-sama belajar untuk mengasah kemampuan entrepreneur kita. Hindari sikap skeptis, “ ah saya mah enggak bakat dagang” . Ayo ayo bangun ingat dahulu nenek moyang kita adalah pedagang, ajaran agama kita juga menganjurkan kita untuk berdagang. Justru jiwa pedagang inilah yang coba dibunuh oleh ilmu pendidikan modern.

Keunggulan usaha Dimsum dibandingkan dengan makanan lain

Para kampoengers pasti bertanya-tanya kenapa usaha jualan dimsum, kenapa enggak usaha nasi goreng, mie rebus, soto lamongan, cireng, atau yang lebih fantastis jualan burger semur jengkol misalnya. Ok, sebenarnya usaha kuliner apa saja adalah baik sepanjang kita mau tekun dan terus melakukan inovasi, akan tetapi pilihan usaha dimsum memiliki beberapa keunggulan tersendiri yaitu :

  • Pembuatan dimsum membutuhkan keahlian khusus sehingga sulit ditiru sehingga persaingan dibisnis dimsum relatif tidak seketat kuliner lainnya. Berbeda dengan cireng, baso, dan makanan lainnya maka akan mudah ditiru. Kunci persaingan pada bisnis dimsum adalah kemampuan kita memilih supplier dimsum yang berkelas.
  • Makanan dimsum adalah makanan tradisional china yang memiliki sejarah panjang dan bukan makanan yang bersifat musiman atau berkembang mengikuti trend.
  • Makanan dimsum cocok untuk dimakan waktu pagi, siang, sore, dan malam. Sehingga waktu jualan yang bisa kita pilih lebih fleksibel.
  • Peluang pasar dimsum masih luas mengingat masih jarangnya penjual dimsum yang berkelas.
    Dimsum bisa ditaruh di freezer dan tahan sampai 2 bulan.
  • Bisa dijual dalam bentuk beku (frozen) maupun dalam kondisi matang.
  • Makanan dimsum adalah tipikal makanan hotel yang cukup berkelas dimana akan lebih mudah menawarkan dimsum ke event organizer, weeding, special event, dan lainnya.
  • Margin yang cukup menarik.

Kelebihan memilih Dimsum Kampoeng ™ sebagai mitra usaha

10290658_10201951090434511_391094363418974253_n

Ada beberapa alasan kenapa kita memilih mitra usaha dimsum kampoeng™ diantaranya adalah :

Dari sisi produk

  • Produk ditangani oleh cheft spesialis dimsum yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun.
    Produk dimsum kampoeng™ dengan berbagai eksperimen sudah disesuaikan dengan lidah selera Indonesia.
  • Jenis dimsum bervariasi terdiri dari lebih dari 10 jenis dimsum.
    Inovasi yang terus menerus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan varian produk baru.
  • Bahan baku yang digunakan adalah bahan baku pilihan yang fresh dan halal.
    Tidak menggunakan bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Produk bisa dijual dalam kondisi frozen maupun matang.
  • Brand produk sudah didaftarkan ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
  • Dari sisi model kemitraan
    Model kemitraan kami adalah model kemitraan ala orang kampoeng yang bersifat konvensional, simple, mudah dan mengutamakan kekeluargaan dan gotong royong untuk sama-sama maju bersama. Dimana konsep kemitraan adalah konsep jual beli biasa, dimana mitra membeli dimsum dari kami dan untuk selanjutnya mitra bisa melakukan penjualan dengan menggunakan brand dimsum kampoeng ™ dengan syarat-syarat yang sangat mudah.

Dari sisi pemasaran
Dimsum kampoeng ™ sudah berdiri sejak tahun 2009 dimana telah banyak diliput baik di televisi, majalah kuliner ternama, dan tabloid bisnis ternama. Adapun media marketing yang digunakan meliputi website dimsumkampoeng.com, twitter, facebook, dan media komunikasi lainnya sehingga dimsum kampoeng ™ sudah dikenal luas.

Proses menjadi mitra Dimsum Kampoeng ™

Untuk menjadi mitra dimsum kampoeng adalah sangat mudah, kami menyebutnya konsep KEMEJA dengan step sebagai berikut :

Ketemu

Langkah awal yang perlu dilakukan oleh calon mitra adalah harus melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan kami agar kami dapat menginformasikan seluk beluk penjualan dan penanganan bisnis dimsum. Dan sebaliknya dari pihak mitra menginformasikan kepada kami potensi pasar,lokasi, dan aspek lainnya.

Kemudian untuk menindaklanjuti pertemuan kami akan melakukan survey lokasi dan pada pada pertemuan berikutnya akan dilakukan diskusi kembali untuk menyusun kesepakatan. Setelah dicapai kesepakatan dan mira telah mendapat approval dari pihak Dimsum Kampoeng™ selanjutnya adalah :

Membeli

Pihak mitra melakukan pembelian dimsum pada kami dengan metode pembayaran dimuka. Setelah pembayaran kami terima maka dimsum bisa kami kirimkan ke lokasi danmetode pengiriman sesuai kesepakatan. Setelam nmenerima dimsum dari kami maka step selanjutnya adalah

Jual

Pihak mitra bisa langsung melakukan penjualan ke konsumen, dimana penjualan bisa dilakukan dalam bentuk frozen maupun dalam bentuk matang.

Ketentuan Detail kemitraan Dimsum Kampoeng ™

Setelah menjadi mitra berikut ketentuan yang perlu kami informasikan pada mitra yaitu :

Zero Partnership Fee
Kami tidak mengenakan biaya kemitraan apapun untuk para mitra yang akan menggunakan brand Dimsum Kampoeng™.

Training
Mitra akan mendapatkan training dasar penanganan dan proses penjualan dimsum kampoeng™.

Bentuk penjualan dimsum kampoeng™
Saat ini dimsum kampoeng dijual dalam berbagai bentuk channel penjualan yaitu :

Dimsum Kampoeng™ booth
Dimsum Kampoeng™ Resto
Dimsum Kampoeng ™ Frozen Outlet
1000 PCS initial Order
Kami mensyaratkan pembelian pertama adalah sebanyak 1.000 dimsum, dimana mitra “ditantang” untuk dapat menjual 1.000 dimsum tersebut.

Minimum Order 1.000 PCS
Kami mensyaratkan minimum order untuk pemesanan berikutnya adalah 1.000 pcs dengan pertimbangan effisiensi biaya delivery dan packaging.

H-2 Order request
Untuk menjaga kualitas dan kesegaran dimsum, kami hanya memproduksi dimsum dalam jumlah yang terbatas dan untuk kebutuhan tersebut kami mensyaratkan mitra untuk menginformasikan pada kami permintaan atas jenis dan jumlah dimsum yang diorder 2 (dua) hari sebelum tanggal pengiriman untuk kemudian dapat segera kami produksi dimsumnya.

Pay in Advance
Setelah dimsum selesai kami produksi kami akan menginformasikan pada mitra bahwa dimsum siap di antar, dan selanjutnya kami akan meminta mitra untuk melakukan pembayaran. Setelah pembayaran dilakukan maka dimsum baru kami antar.

Delivery and Packaging cost
Biaya packaging dan delivery akan dibebankan ke pihak mitra, dan untuk meminimalisir biaya delivery maka akan didiskusikan lebih lanjut antara pihak dimsum kampoeng™ dan pihak mitra.

Tentang jaminan kesuksesan bermitra dengan Dimsum Kampoeng™

Kata kunci favorit untuk masuk ke dunia entrepreneur adalah kita harus bisa bersahabat dengan “ketidakpastian”. Dunia bisnis sangat berbeda dengan dunia kerja, mungkin jika kita meniti karier di kantor tingkat kepastian dalam penghasilan relative tinggi, tetapi di dunia entrepreneur adalah sebaliknya. Justru di dunia entreprerneur kita berlatih menghadapi ketidakpastian dan diharapkan seiring berjalannya waktu kita semakin kuat menghadapi ketidak pastian.

Adapun faktor-faktor sukses berjualan makanan secara umum adalah sebagai berikut :

Spiritual
Kesuksesan usaha apapun yang kita lakukan semua tidak terlepas dari kehendak Allah. Banyak kita dapati usaha yang dilakukan dengan strategi, modal, dan keseriusan yang luar biasa ternyata malah gagal total. Dan sebaliknya ada usaha yang dijalankan dengan modal yang minim dan strategi yang biasa saja tetapi bisa sukses. Semua itu karena apapun yang terjadi dalam binis kita tidak terlepas dari ketentuan Allah sang pengatur. Dengan demikian supaya usaha kita sukses berikut beberapa hal yang perlu dilakukan :

Selalu berdoa pada Allah saja dan memohon hanya padaNya saja.
Berbakti pada kedua orang tua karena ridho Allah ada pada ridho keduanya dan doa mereka sangat manjur.
Banyak beramal pada kaum kerabat, anak yatim, dan orang miskin.
Senantiasa taat pada Allah.
Melakukan amal sholeh lainnya.

Lokasi
Carilah lokasi yang cocok yang merupakan segmen yang sesuai dengan konsumen dimsum.

Keseriusan
Dalam menjalankan usaha harus dilakukan secara serius dan tidak main main.

Inovasi
Lakukan terus inovasi dari sisi produk, harga, layanan, dan kemasan agar jadi semakin menarik dan tidak membosankan.

Integritas
Pilihlah pegawai yang memiliki integritas atau kejujuran yang tinggi.

Team work
Perlu dilakukan pembagian tugas diantara karyawan sehingga tercipta sinergi.

Dengan demikian kami nyatakan bahwa tidak ada jaminan kesuksesan dalam bermitra dengan dimsum kampoeng™ karena semua kembali lagi ke pada strategi para mitra untuk dapat meningkatkan penjualan nya. Sebagai bahan masukan berikut kami sampaikan kelemahan-kelemahan yang kami dapati pada mitra-mitra dimsum kampoeng terdahulu yang gagal dalam menjalankan bisnis dimsum (fail story), maaf kami memang lebih suka menceritakan fail story dibandingkan success story karena kami berprinsip lebih baik pahit di depan daripada pahit dibelakang.

Kesalahan Umum yang dilakukan mitra Dimsum Kampoeng™

Berikut 2 kesalahan umum yang dilakukan mitra :

Tidak serius berjualan

Kelemahan ini paling banyak terjadi pada mitra-mitra kami terdahulu, dimana mereka awal-awalnya sangat semangat dan lama-kelamaan mereka malas dan tidak disiplin lagi mengurus bisnisnya, padahal ada diantara mereka yang memiliki sales volume yang cukup lumayan dan outlet berada di lokasi strategis di mall yang cukup besar, akan tetapi karena tidak serius akhirnya outlet sering tutup dan akhirnya para pembeli kecewa.

Mudah menyerah dan terlalu ingin cepat sukses

Ada juga mitra kami yang pada awalnya sangat semangat tetapi mereka ingin cepat sukses sehingga akhirnya menyerah. Hal ini disebabkan setelah satu atau dua tahun sales hanya menutup biaya operasional (impas) mereka mulai kendur dan akhirnya menyerah. Saya sangat suka dengan ungkapan “success is a journey not a destination”. Jadi jika kita menganggap success itu adalah destination kita akan lelah sendiri karena success adalah kumpulan dari potongan potongan journey yang telah dan sedang kita lakukan.

Resiko bisnis bermitra dengan Dimsum Kampoeng™

Bermitra dengan Dimsum Kampoeng™ adalah “memiliki resiko yang terukur”. Mengapa terukur karena kerugian yang dialami mitra jika usahanya tutup adalah hanya sebatas penyusutan investasi awal saja yang berbentuk gerobak, peralatan masak, dan komponen biaya lain yang terukur seperti biaya sewa, listrik, dan gas. Hal ini disebabkan kami saat ini tidak mengenakan komponen biaya biaya kemitraan seperti yang terjadi pada bisnis kemitraan lainnya. Selain itu peralatan seperti gerobak dan peralatan masak masih bisa digunakan untuk usaha lainnya.

Manfaat yang sudah pasti didapat dengan bermitra dengan Dimsum Kampoeng™

Dengan bermitra dengan Dimsum Kampoeng™ manfaat pasti yang diterima mitra adalah memperoleh “culinary business experience” yang mana pengalaman ini tidak akan didapati di bangku kuliah dan hanya diperoleh dengan terjun langsung bermitra untuk berjualan. Para mitra sedikit banyak akan menglami langsung sensasi melakukan jual beli dimsum dengan brand Dimsum Kampoeng™. Entah sukses atau tidak sedikit banyak pengalaman bermitra dengan Dimsum Kampoeng™ untuk berjualan akan menambah wawasan dagang para mitra yang dikemudian hari mungkin bisa bermanfaat saat memasuki bisnis lainnya.

Advertisements